Standar Kompetensi Lulusan
A. Profil Lulusan
No | Profil Lulusan | Deskripsi Profil Lulusan |
PL1 | Guru (Pendidik) Anak Usia Dini
|
Seorang pendidik Anak Usia Dini yang mampu merencanakan, menerapkan, dan melakukan assesmen perkembangan anak usia dini, yang berorientasi pada kecakapan hidup (lifeskill) dan nilai-nilai kemuhammadiyahan serta memecahkan permasalahan pembelajaran AUD sesuai dengan perkembangan ipteks menggunakan pembelajaran yang PAIKEM. |
PL2 | Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini
|
Sarjana pendidikan yang mampu memecahkan permasalahan kelembagaan / PAUD, merencanakan dan mengembangkan PAUD melalui pendekatan yang berorientasi nilai-nilai Islami, logis dan komperehensif, kreatif dan inovatif dan memiliki kemampuan managerial dalam penyelenggaraan PAUD (mampu melakukan supervisi di PAUD dan mengembangkan bentuk kerjasama dengan stakeholder)
|
PL3 | Peneliti KePAUDan
|
Sarjana pendidikan yang mempu melakukan pengembangan inovasi pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran.Sarjana pendidikan yang mampu menguasai konsep teoritis bidang penelitian pendidikan dan mampu menerapkannya dalam menyelesaikan masalah PAUD serta mempublikasikan, dan memanfaatkan hasil penelitian
|
B. Rumusan Standar Kompetensi Lulusan
Kompetensi Utama Lulusan
- Mampu menguasai konsep/teori ilmu PAUD khususnya dalam bidang inovasi dan kreativitas pembelajaran anak usia dini.
- Menguasai prinsip, teknik perencanaan pembelajaran dengan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis ipteks dan sesuai standar mutu dan evaluasi pembelajaran PAUD.
- Menguasai teknologi informasi dan komunikasi dalam pengembangan mutu pendidikan PAUD.
- Mampu merancang dan melaksanakan kurikulum dan melakukan assesmen terhadap perkembangan anak.
- Mampu melakukan pendampingan dalam lingkup pembelajaran AUD.
- Mampu melakukan proses evaluasi pembelajaran menggunakan penelitian tindakan kelas (action research ).
- Mampu merencanakan dan mengelola kelas dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas atau lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya.
- Mampu menerapkan berbbagai metode pembelajaran PAUD khususnya dalam bidang pengembangan inovasi dan kreativitas pembelajaran anak usia dini.
Kompetensi Penunjang Lulusan
- Mampu berkomunikasi dalam bahasa inggris secara aktif dan pasif.
- Memiliki pengetahuan dan wawasan pengelolaan dan interpreneur dalam pendidikan anak usia dini.
- Mampu menguasai pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini serta kesehatan dan gizi AUD.
- Mampu menguasai teknik penanganan dan perawatan anak usia dini serta pendidikan dalam keluarga
- Memahami perkembangan karier dan legelitas guru PAUD
- Memiliki wawasan dan karakter kebangsaan sebagai pendidik sebagai perancang dan pelaksana pendidikan karakter dalam pembelajaran AUD
- C. Perumusan Capaian Pembelajaran
Tabel 3. CapaianPembelajaran
Capaian Pembelajaran (CPL) | |
CPL Sikap | |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika. |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada warga negara dan bangsa. |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. |
S9 | Menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan. |
S11 | Mewujudkan karakter “iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli dan tangguh” dalam Perilaku keseharian |
S12 | Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai dan kemampuan peserta didik. |
CPL Ketrampilan Umum | |
KU 1 | Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang PAUD serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan. |
KU 2 | Mampu menunjukkan kinerja sebagai pendidik PAUD yang mandiri, bermutu dan terukur. |
KU 3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keilmuan PAUD berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau berpikir kritis. |
KU 4 | Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. |
KU 5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang PAUD berdasarkan hasil analisis informasi dan data. |
KU 6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. |
KU 7 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise, evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaannya. |
KU 8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. |
KU 9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
CPL Keterampilan Khusus | |
KK1 | Mampu menyusun perencanaan dan melaksanakan pembelajaran melalui kegiatan bermain sesuai dengan perkembangan anak, pengetahuan dan teknologi yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa. |
KK2 | Mampu mengkonstruksi, memodifikasi, menganalisis, menciptakan secara terstruktur media pembelajaran (APE) sesuai tahapan perkembangan anak usia dini. |
KK3 | Mampu mengeksplorasi dan mengekspresikan diri secara kreatif serta berimajinasi dengan gerakan, musik, drama, seni rupa. |
KK4 | Mampu mengimplementasikan kurikulum di lembaga PAUD. |
KK5 | Memiliki kemampuanuntuk menentukan berbagai alternatif pemecahan masalah anak usia dini secara mandiri atau kelompok dalam pengambilan keputusan yang tepat. |
KK6 | Mampu merencanakan, melaksanakan, menganalisis dan melakukan inovasi pembelajaran pada bidang PAUD. |
KK7 | Mampu melakukan pengelolaan kelas dan lingkungan pembelajaran yang kondusif. |
KK8 | Mampu mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan melalui tindakan reflektif. |
KK9 | Mampu melakukan komunikasi yang efektif dengan anak, teman sejawat,orang tua, masyarakat, instansi terkait lainnya. |
CPL Pengetahuan | |
PP1 | Menguasai landasan religius, filosofis, yuridis, antropologis, psikologis, sosiologis dan pedagogik PAUD. |
PP2 | Menguasai perkembangan dan belajar anak usia dini. |
PP3 | Menguasai konsep hidup sehat, prinsip-prinsip dan teknik pengasuhan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini. |
PP4 | Menguasai teori belajar dan pembelajaran PAUD serta pendekatan-pendekatan yang dapat mengoptimalkan potensi perkembangan anak usia dini. |
PP5 | Menguasai pembelajaran anak usia dini. |
PP6 | Menguasai kurikulum PAUD. |
PP7 | Menguasai asesmen perkembangan anak usia dini dan evaluasi program pembelajaran di lembaga PAUD |
PP8 | Menguasai konsep pengembangan profesionalisme |
PP9 | Menguasai pengelolaan dalam penyelenggaraan PAUD. |
PP10 | Menguasai konsep dan prinsip berkomunikasi pada anak, orang tua dan rekan sejawat. |