Struktur Mata Kuliah
- Model Implementasi MB-KM
Kegiatan Pembelajaran Mahasiswa Jenjang Sarjana 144 sks | ||||||||
NO |
Smt-1 | Smt-2 | Smt-3 | Smt-4 | Smt-5 | Smt-6 | Smt-7 | Smt-8 |
20 sks | 20 sks | 20 sks | 19 sks | 20 sks | 19 sks | 20 sks | 6 sks | |
1 | 4
MKWU MK- Prodi di luar Prodi dlm PT sama |
4
MKWU MK- Prodi di luar Prodi dlm PT sama |
4
MKWU MK- Prodi di luar Prodi dlm PT sama |
0
MKWU MK- Prodi di luar Prodi dlm PT sama |
11
MKWU MK- Prodi di luar Prodi dlm PT sama |
0
MKWU MK- Prodi di luar Prodi dlm PT sama |
0
MKWU MK- Prodi di luar Prodi dlm PT sama |
|
2 | 18 sks
MK- Prodi di dlm Prodi |
16 sks
MK- Prodi di dlm Prodi |
16 sks
MK- Prodi di dlm Prodi |
19 sks
MK- Prodi di dlm Prodi |
9 sks
MK- Prodi di dlm Prodi |
19 sks
MK- Prodi di dlm Prodi |
MK- Prodi di dlm Prodi |
6 sks
MK- TA |
3 | 16 sks
MK- Prodi di luar & Belajar di luar PT (Kegiatan MBKM) |
20 sks
MK- Prodi di luar & Belajar di luar PT (Magang) |
- Mata kuliah (MK) yang WAJIB ditempuh di dalam PRODI sendiri
No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | KETERANGAN |
1 | PUD203 | KONSEP DASAR PAUD 1 | 2 | |
2 | PUD204 | KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN AUD | 3 | |
3 | PUD205 | KESEHATAN DAN GIZI AUD | 2 | |
4 | PUD206 | NEOROSAINS DALAM PEMBELAJARAN AUD | 2 | |
5 | PUD307 | PEMBELAJARAN SAINS AUD | 2 | |
6 | PUD208 | PERKEMBANGAN AUD I | 2 | |
7 | PUD209 | KONSEP DASAR PAUD II | 2 | |
8 | PUD210 | BERMAIN | 4 | |
9 | PUD212 | PENANGANAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS | 3 | |
10 | PUD228 | KONSEP DASAR MUSIK DAN GERAK AUD | 2 | |
11 | PUD214 | PERKEMBANGAN AUD II | 2 | |
12 | PUD215 | KURIKULUM AUD I | 2 | |
13 | PUD217 | PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN KEBERBAKATAN AUD | 2 | |
14 | PUD218 | MANAGEMEN KELAS | 2 | |
15 | PUD220 | MEDIA PEMBELAJARAN PAUD | 2 | |
16 | PUD226 | KONSEP DASAR BAHASA DAN LITERASI AUD | 2 | |
17 | PUDP219 | PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS AUD | 2 | |
18 | PUD221 | KURIKULUM AUD II | 2 | |
19 | PUD222 | PENGEMBANGAN MORAL DAN AGAMA AUD | 2 | |
20 | PUD223 | KONSEP DASAR SAINS AUD | 2 | |
21 | PUD224 | PENDIDIKAN KARAKTER | 2 | |
22 | PUD225 | KONSEP DASAR STUDI SOSIAL AUD | 2 | |
23 | PUD227 | KONSEP DASAR MATEMATIKA AUD | 2 | |
24 | PUDP216 | PERAWATAN ANAK | 2 | |
25 | PUD305 | STRATEGI DAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN | 2 | |
26 | MBKMPUDP 229 | TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI AUD | 2 | |
27 | MBKMPUD 213 | MANAGEMEN PAUD | 2 | |
28 | MBKMPUDP 211 | PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA | 3 | |
29 | PUD309 | PENGEMBANGAN BAHASA DAN LITERASI AUD | 2 | |
30 | PUD310 | ASSESMEN | 4 | |
31 | PUD311 | PEMBELAJARAN MATEMATIKA AUD | 2 | |
32 | PUD312 | PENGEMBANGAN SENI MUSIK AUD | 2 | |
33 | PUD306 | PENGEMBANGAN STUDI SOSIAL AUD | 2 |
2. Pembelajaran mata kuliah (MK) di luar Program Studi
No. |
Menempuh MK |
Bobot sks maksimum |
Keterangan |
1 | Di luar PRODI di dalam kampus | 23 sks | MK yg diambil memiliki total bobot sks yg sama, memiliki kesesuaian CPL dan Kompetensi tambahan yang gayut |
2 | Di luar Prodi di luar
Kampus |
16 sks | MK yg diambil memiliki total bobot sks yg sama, disarankan melalui MK yg disepakati oleh
asosiasi/himpunan PRODI sejenis. |
Total bobot sks maksimum | 39 sks |
D. Bentuk Kegiatan Pembelajara di Luar Kampus (Perguruan Tinggi)
No |
Bentuk Kegiatan Pembelajaran |
Dapat Dilaksanakan
dengan bobot sks |
Keterangan |
|
Reguler | MBKM | |||
1. | Magang Wajib/Praktek
Kerja |
20 sks | ≤ 20 sks | Dapat dikonversi dengan Mata Kuliah Bisnis Internasional, Sistem Informasi Manajemen, Budaya Organisasi, dan Strategi Pemasaran/Strategi Keuangan/ Strategi Operasional/Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia. Jika Magang atau Praktek Kerja selama 6 Bulan |
2. | KKN | 16 sks | ≤ 20 sks | Dapat dikonversikan ke beberapa MK yg memiliki kesesuaian CPL dan waktu kegiatan belajar yang sesuai dengan bobot sks MK tersebut. |
3. | Wirausaha | 16 sks | ≤ 20 sks | Dapat dikonversikan ke beberapa MK yg memiliki kesesuaian CPL dan waktu kegiatan belajar yang sesuai dengan bobot sks MK tersebut. |
4. | Asistensi mengajar di Satuan
Pendidikan (AMSP) |
16 sks | ≤ 20 sks | Dapat dikonversikan ke beberapa MK yg memiliki kesesuaian CPL dan waktu kegiatan belajar yang sesuai dengan bobot sks MK tersebut. |
5. | Penelitian/Riset | 16 sks | ≤ 20 sks | Dapat dikonversikan ke beberapa MK yg memiliki kesesuaian CPL dan waktu kegiatan belajar yang sesuai dengan bobot sks MK tersebut. |
6. | Studi Independen | 16 sks | ≤ 20 sks | Dapat dikonversikan ke beberapa MK yg memiliki kesesuaian CPL dan waktu kegiatan belajar yang sesuai dengan bobot sks MK tersebut. |
7. | Proyek Kemanusiaan | 16 sks | ≤ 20s sk | Dapat dikonversikan ke beberapa MK yg memiliki kesesuaian CPL dan waktu kegiatan belajar yang sesuai dengan bobot sks MK tersebut. |
8. | Pertukaran Pelajar | 16 sks | ≤ 20 sks | Dapat dikonversikan ke beberapa MK yg memiliki kesesuaian CPL dan waktu kegiatan belajar yang sesuai dengan bobot sks MK tersebut. |