Suryati
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Sinar Mutiara Helvetia Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang.
Objek penelitian adalah kemampuan berbicara anak. Subjek penelitian adalah anak usia 4 – 5 tahun kelompok A TK Sinar Mutiara yang kemampuan berbicaranya belum berkembang. Disini terdapat seorang anak yang kemampuan berbicaranya belum berkembang.
Penelitian menggunakan Metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada individu untuk mendapatkan hasil penelitian. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, dan panduan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan perkembangan kemampuan berbicara pada anak usia 4 -5 tahun di TK Sinar Mutiara, observasi I terlihat keinginan anak untuk berbicara, saat berkenalan anak mau menjawab walau satu kata, walau masih malu-malu anak mau berkomunikasi dengan peneliti. Pada observasi II anak sudah tidak malu-malu, mulai berkomunikasi dengan peneliti, anak membacakan surah Al Ikhlas walau belum lancar, mau mendengarkan peneliti saat peneliti membacakan buku cerita, dan mulai mau menjawab pertanyaan yang diberikan yang berkaitan dengan cerita yang dibacakan. Selanjutnya pada observasi III anak berkomunikasi baik dengan peneliti, anak mendengarkan dan memperhatikan saat peneliti membacakan buku cerita, sudah mulai lancar membaca Surah Al Ikhlas, dapat menjawab pertanyaan dengan benar yang berkaitan dengan cerita yang dibacakan.
.
Kata kunci: metode bercerita, kemampuan berbicara