Rospita Pasaribu
Abstrak
ABSTRAK
Kesulitan dalam mengingat merupakan masalah dalam penelitian ini. Tujuan penelitin ini adalah untuk meningkatkan daya ingat anak usia 5-6 tahun di TK Kartika 1-23 Kec.Medan Helvetia melalui metode bernyanyi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu One Grup Pre-test Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK Kartika 1-23 Kec.Medan Helvetia.Sampel penelitian ini berjumlah 25 anak, Penentuan sampel dilakukan dengan cara acak (random). Teknik pengumpulan data dilakukakan dengan cara wawancara dan dianalisa dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil pengumpulan data diperoleh nilai rata-rata Pre test 9,88 dengan nilai terendah 7 dan nilai tertinggi 13. Nilai rata- rata Post Test diperoleh nilai rata-rata 14 dengan nilai terendah 11 dan nilai tertinggi 15. Uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat pengaruh metode bernyanyi terhadap daya ingat anak, dengan kata lain hasil uji hipotesis diperoleh nilai t sebesar -10,100 dan signifikansi p sebesar 0.000 yang artinya p < 0.05.Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa Ho dengan bunyi: ‘ bahwa metode bernyanyi tidak berpengaruh terhadap daya ingat anak usia 5-6 tahun di TK Kartika 1-23 Kec. Medan Helvetia’ Di tolak.
Kata kunci: Daya ingat, Metode Bernyanyi.