Rima Febriati
Abstrak
ABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya perkembangan sosial-emosional pada anak usia dini 5-6 tahun di TK Insan PandhegaTahunAjaran 2017 / 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode bermain kooperatif terhadap perkembangan sosial-emosional anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Treatment by subject designs (one group experiment). Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling, sampel yang digunkan berjumlah 20 anak pada kelas B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data dengan uji t-test dan regresi linier sederhana. Dari pengujian hipotesis dapat disimpulkan terdapat perbedaan perkembangan sosial-emosional menggunakan metode bermain kooperatif serta ada pengaruh yang signifikan metode bermain kooperatif terhadap perkembangan Sosial-emosional anak usia 5-6 tahun di TK tahun ajaran 2017 / 2018.