RIBKA HERAWATI MANALU
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat Efektivitas Gerak Tari dalam Meningkatkan Sikap Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun di TK Markus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriptif dengan pendekatan analisis kualitatif, Penentuan banyaknya sumber data primer menggunakan teknik purposive sampling sehingga terdapat 21 anak yang teridentifikasi kurang percaya diri. Terdiri dari 9 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan analisis kualitatif, dengan Penentuan banyaknya sumber data primer menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik Pengumpulan Data yaitu : Observasi Partisipatif teknik checklist dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data dilakukan dengan (1) Reduksi Data, (2) Penyajian data, (3) Penarikan kesimpulan. dan tahapan penelitian kualitatif terdiri atas tiga tahap yaitu (1) tahap pra lapangan, (2) tahap penelitian di lapangan, (3) tahap pelaporan hasil penelitian. Dan hasil penelitian Ditinjau dari pergerakan mean sebelum pemberian kegiatan gerak tari (pre-test) nilai mean total adalah sebesar 5,56 dan setelah pemberian kegiatan gerak tari (post-test) terjadi peningkatan nilai mean total menjadi 13,40 peningkatan nilai mean dari sebelum ke sesudah pemberian gerak tari (pretest – posttest) adalah sebesar 7,84 demikian sehingga sikap percaya diri anak usia 5-6 tahun pada penelitian ini rata-rata mengalami peningkatan nilai skor rata –rata sebesar 7,84 setelah mendapat perlakuan kegiatan gerak tari. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa Gerak Tari Efektiv dalam Meningkatkan Sikap Percaya Diri.
Kata kunci : Gerak Tari, Sikap Percaya Diri.