KRISTINA MANULLANG
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bermain anak terhadap hasil belajar anak usia dini 5-6 tahun di TK Anak Raja Medan. Sampel penelitian ini yaitu anak usia dini 5-6 tahun berjumlah 20 anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Posttest-Only Control Design. Adapun teknikPengumpulan Data yaitu : Observasi, daftar checklist dan Tanya jawab. Teknik Analisis Data dianalisa berdasarkan teknik deskripsi dan sebelum uji hipotesis akan dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Selanjutnya, apabila data yang diperoleh normal maka hipotesis akan di uji menggunakan uji t α. Data hasil sikap kelas kontrol sebesar 3,16 dan data persentase hasil belajar pengetahuan dan keterampilan yang tidak diberikan perlakuan sebesar 72% sedangkan post-test hasil belajar sikap sesudah pemberian kegiatan metode bermain nilai total adalah sebesar 4,89 dan data persentase hasil belajar pengetahuan dan keterampilan sebesar 92%, dan hasil uji t (uji hipotesis) sebesar 60,014 dan signifikan p sebesar 0.000 yang artinya p ˂ 0.05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga penelitian ini membuktikan bahwa metode bermain berpengaruh terdahap hasil belajar anak usia dini 5-6 Tahun di TK Anak Raja Medan.
Kata Kunci :Metode Bermain, Hasil Belajar