• 141020017
  • 2018


  • PENGARUH METODE BERMAIN TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM KEGIATAN SAINS DI TK KARTIKA 12-3 MEDAN HELVETIA
  • Rismawati Munthe, S.Psi, M.Psi
  • Ruth Donda Panggabean, M.Psi

Abstrak

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode bermain terhadap kemampuan kognitif anak dalam kegiatan sains di TK Kartika 1-2-3 Tahun 2017/ 2018. Metode penelitian ini adalah expermental design. Subjek eksperimen penelitian ini adalah anak di TK Kartika 1-2-3 Kelompok B sejumlah 25 anak. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif dan ferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui pencapaia nindikator perkembangan kognitif anak. Analisis Inferensial digunakan untuk menguji hipotesis. Penelitian ini menggunakan uji t dalam menguji hipotesis dalam program spss 17 yaitu paired sample t-test. Hasil analisis data pada = 5% diperoleh t hitung < sebesar 140, 894, dan t tabel 10,597, karena – t hitung < – t tabel maka ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode bermain terhadap kemampuan kognitif anak dalam kegiatan sains di TK Kartika 1-2-3. 

 

Kata kunci :Metode bermain, Kemampuan kognitif, Kegiatan Sains