Erviani Suhartika Pakpahan
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya ingat anak Kelompok B TK Ananda Yara Sukamaju melalui penggunaan metode bercerita. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Subjek penelitian ini adalah 20 anak Kelompok B TK Ananda Yara Sukamaju, yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 14 anak perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah daya ingat. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes perbuatan. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Target dari hasil penelitian ini yaitu peningkatan daya ingat anak dengan kriteria sangat baik minimal mencapai 81%. Pada kondisi awal, daya ingat anak diperoleh hasil rata-rata sebanyak 50,5%. Setelah dilakukan tindakan pada Siklus I, peningkatan daya ingat diperoleh hasil rata-rata sebanyak 60,5%. Penelitian ini dihentikan sampai Siklus II karena telah memenuhi kriteria indikator keberhasilan dengan hasil rata-rata mencapai hingga 87,5%.
Kata kunci: daya ingat, metode bercerita