• 141020004
  • 2018
  • -
  • -


  • Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Angka Terhadap Pengenalan Konsep Bilangan Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di TK Kartika 1-23 Yonzipur Helvetia Medan
  • Dra. Rahmi Bachtar, M.Psi
  • Dra. Panni Ance Lumbantobing, M.Psi

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu One-Group Pre-test dan Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK Kartika 1-23 Helvetia Medan. Sampel penelitian ini berjumlah 25 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tanya jawab dan dianalisa dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil pengumpulan data diperoleh nilai rata-rata Pre-Test 6,97 dengan nilai terendah 6 dan nilai tertinggi 10. Nilai rata-rata Post-Test 11 dengan nilai terendah 9 dan nilai tertinggi 12. Uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran kartu angka terhadap pengenalan konsep bilangan, dengan kata lain hasil uji hipotesis diperoleh nilai t sebesar -15,100 dan signifikansi p sebesar 0.000 yang artinya p < 0.05. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa Ho dengan bunyi “bahwa penggunaan media kartu angka tidak berpengaruh terhadap pengenalan konsep bilangan anak usia 5-6 tahun di TK Kartika 1-23 Yonzipur Helvetia Medan di tolak

 

Kata kunci: Pengenalan Konsep Bilangan, Media Pembelajaran Kartu Angka