AprillaUtari
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak Kelompok B TK Mawar Indah melalui penggunaan metode bercerita.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Subjek penelitian ini adalah 20 anak kelompok B TK Mawar Indah, yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah kemampuan menyimak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes perbuatan. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Target dari hasil penelitian ini yaitu peningkatan kemampuan menyimak anak dengan kriteria sangat baik minimal mencapai 81%. Pada kondisi awal, kemampuan menyimak anak di peroleh hasil rata-rata sebanyak 42,5%. Setelah dilakukan tindakan pada Siklus I, peningkatan kemampuan menyimak di peroleh hasil rata-rata sebanyak 76,25%. Penelitian ini dihentikan sampai Siklus II karena telah memenuhi kriteria indikator keberhasilan dengan hasil rata-rata mencapai hingga 97,5%.
Kata kunci: kemampuan menyimak, metode bercerita