Nuraini
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini 5-6 Tahun melalui penerapan media visual Pohon Pintar Membaca di TK Kemala Bhayangkari 03 Medan .Kemampuan membaca permulaan yang diteliti yaitu memahami kosa kata, membaca kata yang memiliki huruf awal yang sama, menghubungkan gambar dengan kata, dan membaca gambar yang memiliki kalimat sederhana. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah 20 anak kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 03 Medan .Metode pengumpulan data melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila kemampuan membaca permulaan anak dengan kategori baik sudah mencapai persentase minimal sebesar 75%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan dapat ditingkatkan dengan menggunakan media visual pohon pintar membaca. Hasil observasi dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan membaca permulaan untuk kriteria baik pada setiap siklusnya, pada saat pratindakan menunjukan hasil 25%, kemudian mulai meningkat pada siklus I yaitu 45% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 100 %.
Kata kunci: Kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun, media visual pohon pintar membaca