• 141020007
  • 2018
  • PAUD Hello Kids School
  • Guru


  • PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM KEGIATAN SAINS AUD USIA 5-6 TAHUN DI TK PAUD HELLO KIDS SCHOOL DELI SERDANG
  • Drs. B.E. Dabukke, M.Psi
  • Rispah Purba, M.Pd

Abstrak

ABSTRAK

Pengetahuan kognitif anak melalui kegiatan sains yang masih sangat rendah merupakan  masalah dalam penelitian ini. Tujuan penelitin ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan sains anak usi 5-6 tahun di PAUD Hello Kids School Deli Serdang melalui metode demonstrasi. Penelitian ini dalah penelitian eksperimen yaitu One Grup Pre-test Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B PAUD Hello Kids School Deli Serdang.  Sampel penelitian ini berjumlah 25 anak, Penentuan sampel dilakukan dengan cara acak (random). Teknik pengumpulan data dilakukakan dengan cara wawancara dan dianalisa dengan menggunakan uji .Berdasarkan hasil pengumpulan data diperoleh nilai rata-rata  Pre test  9,88 dengan nilai terendah 7 dan nilai tertinggi 13.Nilai rata- rata  Post Test diperoleh nilai rata-rata 14 dengan nilai terendah 11 dan nilai tertinggi 15. Uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat pengaruh metode demonstrasii terhadap kemampuan kognitif  anak, dengan kata lain hasil uji hipotesis diperoleh nilai t sebesar -10,100 dan signifikansi p sebesar 0.000 yang artinya p < 0.05. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa Ho dengan bunyi: ‘ bahwa metode demonstrasi  tidak berpengaruh terhadap daya ingat anak usia 5-6 tahun di PAUD Helo Kids School Kabupaten Deli Serdang .

 

Kata kunci:kemampuan kognitift, Metode Demonstrasi