Ellys Suryani
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi lisan anak melalui metode bermain peran pada anak di Kelompok B TK MAWAR INDAH Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK MAWAR INDAH Tahun Ajaran 2017/2018 sejumlah 20 anak. Data variabel meliputi data kemampuan komunikasi lisan dan data pelaksanaan bermain peran.
Data kemampuan komunikasi lisan dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan sedangkan data pelaksanaan bermain peran dikumpulkan melalui observasi yang berupa checklis. Data kemampuan komunikasi lisan dianalisis dengan analisis komparatif dan pelaksanaan bermain peran dengan analisis interaktif. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan presentase komunikasi lisan pada anak usia dini 5-6 tahun dari pra siklus 25 %, pada siklus I mencapai 70%, pada siklus II mencapai 80 %.
Kata kunci: Komunikasi Lisan, Anak Usia Dini 5-6 Tahun, Metode Bermain Peran